contoh RPP Teks Eksplanasi
Contoh RPP Teks Eksplanasi
Satuan
Pendidikan |
: |
SMKPLUS AL
MUJAHIDI |
Mata Pelajaran |
: |
Bahasa
Indonesia |
Materi Pokok |
: |
Eksplanasi |
Kelas/ Semester |
|
XI/ Genap |
Alokasi Waktu |
: |
1 x pertemuan (3 x @45menit ) |
Program Keahlian |
: |
Akuntansi |
|
Kompetensi Dasar : 3.21 Menganalisis informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam
teks ekplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan dan tulis 4.21 Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan
urutan kejadian) dalam teks eksplanasi berkaitan dengan bidang pekerjaan
secara lisan dan tulis |
Indikator Pencapaian Kompetensi : 3.21.1. Memahami teks
eksplanasi 3.212. Menganalisis informasi dalam teks eksplanasi
(pengetahuan dan urutan kejadian) 4.21.1. Menyusun
bagian-bagian pokok teks eksplanasi 4.21.2 Membuat teks ekplanasi dari bagian-bagian
pokok teks eksplanasi |
|||
Tujuan Pembelajaran : Selama
dan setelah mengikuti proses pembelajaran dengan Problem Basic Learning, peserta didik
diharapkan dapat: 1)
Memahami teks eksplanasi. 2)
Menganalisis informasi (urutan kejadian) yang ada pada
teks eksplansi. 3)
Menyusun bagian-bagian pokok teks eksplanasi. 4)
Membuat teks eksplanasi dari bagian-bagian pokok teks
eksplanasi. Pembelajaran berbasis masalah |
Materi Pembelajaran: Link materi teks eksplanasi: |
Alat/ Madia : VIDEO, PPT, LKPD. Sumber
Belajar: LKPD, Video Pembelajaran |
||
Langkah-langkah Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|||
Pendahuluan |
(10 Menit) |
|||
• Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa menurut
kepercayaannya masing-masing untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran
peserta didik. • Memberikan motivasi peserta didik agar semangat belajar. • Menyampaikan tujuan pembelajaran, metode dan media pembelajaran serta
teknik penilaian yang akan digunakan |
10 Menit |
|||
Kegiatan
Inti |
(70 Menit) |
|||
Orientasi peserta didik
kepada masalah |
•
Guru memberikan link video, siswa melihat contoh
eksplanasi yang dilakukan oleh guru. (Technology) •
Peserta didik diberi rangsangan
melalui masalah yang ditampilkan dalam slide untuk memusatkan perhatian pada
topik yang akan dibahas. •
Pendidik
memberikan pertanyaan
pada peserta didik yang berkaitan dengan masalah yang diamati dan akan dijawab melalui
kegiatan belajar di LKPD (Science) |
15 |
||
Mengorganisasikan peserta
didik |
•
Peserta didik masuk ke
dalam kelompok yang telah ditentukan oleh guru (satu kelompok terdiri dari
4-5 siswa) •
Guru dan siswa mengamati
permasalahan yang diberikan, dan menjelaskan ada 3 cara penyelesaiannya, •
Guru menjelaskan teks
eksplanasi dengan menonton gambar pada LCD. •
Guru membagikan Bahan ajar
dan LKPD. (link) (Technology) •
Guru memberikan
petunjuk dan mengarahkan peserta didik untuk memahami perintah kerja dan
pertanyaan yang diajukan dalam LKPD. Peserta didik mendiskusikan beberapa hal
yang menjadi permasalahan di dalam
LKPD dengan mengkonstruk pemecahan secara mandiri dan mengumpulkan informasi yang relevan pada
bahan ajar
(Guru memberi bantuan seperlunya dalam memahami maksud
LKPD pada kelompok yang mengalami kesulitan).
(Engineering) |
15 |
||
Membimbing penyelidikan
individu dan kelompok |
•
Peserta didik berdiskusi, mengumpulkan informasi dan saling bertukar
informasi dengan antar teman mengenai menyelesaikan informasi penting yang terdapat pada teks eksplanasi dan masalah kontekstual (Membantu penyelidikan mandiri maupun kelompok) •
Guru memberikan video
teks eksplanasi sebagai bahan tambahan untuk memberikan pemahaman kepada
siswa. (Math) •
Melalui diskusi dalam kelompoknya, peserta didik meramu hasil diskusi tentang teks
eksplanasi. |
10 |
||
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya |
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu
secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan. (Art) |
15 |
||
Menganalisa &
mengevaluasi proses pemecahan masalah |
•
Guru melakukan refleksi penyelidikan proses-proses pemecahan masalah
dan mengevaluasi hasil kerja peserta didik dalam menyelesaikan masalah. •
Guru bersama dengan peserta didik membahas hasil diskusi •
Guru dan peserta didik membuat
kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait menyelesaikan teks eksplanasi
dari masalah kontekstual. (Engineering) •
Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal
yang belum dipahami, (Menganalisis dan
Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah) |
15 |
||
Penutup &
Kesimpulan |
(10 Menit) |
|||
•
Memberikan
kesimpulan/rangkuman. •
Memberikan Tugas penguatan
materi pada pertemuan kedua dan diupload di Blog •
Guru menyampaikan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya Kegiatan pembelajaran ditutup
dengan do’a. |
10 |
|||
PENILAIAN Kognitif : Keterampilan : Sikap : |
Link: LKPD : Video Materi : Video Tugas
: |
|||
Jember, 8 Januari 2023
Mengetahui Guru Mata Pelajaran,
Kepala SMK Plus Al Mujahidi,
Drs. Samsunuri Ahmad Afandi, S.Pd
0 Response to "contoh RPP Teks Eksplanasi"
Posting Komentar